TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22063 UR - http://digilib.unila.ac.id/22063/ A1 - TIKA RAHAYU , 1213021070 Y1 - 2016/04/20/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 238 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIII D yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran CIRC, komunikasi matematis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -