creators_name: TIKA RAHAYU , 1213021070 creators_id: tikarahayu160@yahoo.co.id type: other datestamp: 2016-04-29 04:38:51 lastmod: 2016-04-29 04:38:51 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 238 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIII D yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran CIRC, komunikasi matematis date: 2016-04-20 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: TIKA RAHAYU , 1213021070 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22063/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22063/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22063/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf