?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+MOTIVASI+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+MELALUI%0D%0AMODEL+BELAJAR+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBASIS+ALAM%0D%0ASEKITAR+MENGGUNAKAN+LKS+TERMODIFIKASI+PADA+MATA%0D%0APELAJARAN+IPA+KELAS+V+DI+SDS+02+GULA+PUTIH+MATARAM%0D%0ALAMPUNG+TENGAH&rft.creator=+LENI+KOVEN%2C++1313093063&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=ABSTRAK%0D%0APermasalahan+dalam+penelitian+ini+adalah+pembelajaran+IPA+kelas+V+di+SDS+02%0D%0AGula+Putih+Mataram+masih+sebatas+menggunakan+metode+ceramah+dan+hanya%0D%0Amenggunakan+buku+teks.+Berdasarkan+tes+dan+observasi+awal%2C+hasil+belajar+dan%0D%0Amotivasi+belajar+siswa+tergolong+rendah.+Penelitian+tindakan+kelas+ini+bertujuan%0D%0Ameningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+dengan+menggunakan+Problem+Based%0D%0ALearning+dengan+LKS+termodifikasi.+Penelitian+ini+berhasil+jika+motivasi+belajar%0D%0Atergolong+tinggi+dan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+melebihi+dari+KKM.+Hasil%0D%0Apenelitian+menunjukkan+bahwa+dengan+penerapan+model+pembelajaran+PBL%0D%0Adisertai+LKS+termodifikasi+dari+siklus+I+ke+siklus+II+hingga+siklus+III+dapat%0D%0Ameningkatkan+motivasi+belajar+siswa+dengan+nilai+rata-rata+meningkat+dari+2%2C09%0D%0Ahingga+3%2C02.+Nilai+ini+termasuk+kategori+motivasi+tinggi.+Hasil+belajar+dari+siklus+I%0D%0Ake+siklus+II+hingga+siklus+III+meningkat+dari+63%2C43+menjadi+76%2C57+dengan+15+siswa%0D%0Atuntas+dan+6+siswa+belum+tuntas.+Kinerja+guru+dalam+mengelola+pembelajaran+juga%0D%0Atelah+meningkat+dari+siklus+I+hingga+siklus+III%2C+dengan+peningkatan+dari+2%2C54%0D%0Amenjadi+3%2C13+pada+kategori+sangat+baik.+Penerapan+model+pembelajaran+PBL%0D%0Adengan+LKS+termodifikasi+dapat+meningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Apada+materi+pokok+Gaya%2C+Gerak+dan+Energi.%0D%0AKata+kunci%3A+motivasi+belajar%2C+hasil+belajar%2C+PBL%2C+kinerja+guru%0D%0AABSTRACT%0D%0APermasalahan+dalam+penelitian+ini+adalah+pembelajaran+IPA+kelas+V+di+SDS+02%0D%0AGula+Putih+Mataram+masih+sebatas+menggunakan+metode+ceramah+dan+hanya%0D%0Amenggunakan+buku+teks.+Berdasarkan+tes+dan+observasi+awal%2C+hasil+belajar+dan%0D%0Amotivasi+belajar+siswa+tergolong+rendah.+Penelitian+tindakan+kelas+ini+bertujuan%0D%0Ameningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+dengan+menggunakan+Problem+Based%0D%0ALearning+dengan+LKS+termodifikasi.+Penelitian+ini+berhasil+jika+motivasi+belajar%0D%0Atergolong+tinggi+dan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+melebihi+dari+KKM.+Hasil%0D%0Apenelitian+menunjukkan+bahwa+dengan+penerapan+model+pembelajaran+PBL%0D%0Adisertai+LKS+termodifikasi+dari+siklus+I+ke+siklus+II+hingga+siklus+III+dapat%0D%0Ameningkatkan+motivasi+belajar+siswa+dengan+nilai+rata-rata+meningkat+dari+2%2C09%0D%0Ahingga+3%2C02.+Nilai+ini+termasuk+kategori+motivasi+tinggi.+Hasil+belajar+dari+siklus+I%0D%0Ake+siklus+II+hingga+siklus+III+meningkat+dari+63%2C43+menjadi+76%2C57+dengan+15+siswa%0D%0Atuntas+dan+6+siswa+belum+tuntas.+Kinerja+guru+dalam+mengelola+pembelajaran+juga%0D%0Atelah+meningkat+dari+siklus+I+hingga+siklus+III%2C+dengan+peningkatan+dari+2%2C54%0D%0Amenjadi+3%2C13+pada+kategori+sangat+baik.+Penerapan+model+pembelajaran+PBL%0D%0Adengan+LKS+termodifikasi+dapat+meningkatkan+motivasi+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Apada+materi+pokok+Gaya%2C+Gerak+dan+Energi.%0D%0AKata+kunci%3A+motivasi+belajar%2C+hasil+belajar%2C+PBL%2C+kinerja+guru&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-03-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22069%2F1%2FABSTRAK%2520%2528ABSTRACT%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22069%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22069%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++LENI+KOVEN%2C+1313093063++(2016)+MENINGKATKAN+MOTIVASI+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+MELALUI+MODEL+BELAJAR+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBASIS+ALAM+SEKITAR+MENGGUNAKAN+LKS+TERMODIFIKASI+PADA+MATA+PELAJARAN+IPA+KELAS+V+DI+SDS+02+GULA+PUTIH+MATARAM+LAMPUNG+TENGAH.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C++UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22069%2F