%0 Generic %A LENI KOVEN, 1313093063 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:22069 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL BELAJAR PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ALAM SEKITAR MENGGUNAKAN LKS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDS 02 GULA PUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/22069/ %X ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA kelas V di SDS 02 Gula Putih Mataram masih sebatas menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku teks. Berdasarkan tes dan observasi awal, hasil belajar dan motivasi belajar siswa tergolong rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan Problem Based Learning dengan LKS termodifikasi. Penelitian ini berhasil jika motivasi belajar tergolong tinggi dan rata-rata hasil belajar siswa melebihi dari KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran PBL disertai LKS termodifikasi dari siklus I ke siklus II hingga siklus III dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 2,09 hingga 3,02. Nilai ini termasuk kategori motivasi tinggi. Hasil belajar dari siklus I ke siklus II hingga siklus III meningkat dari 63,43 menjadi 76,57 dengan 15 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran juga telah meningkat dari siklus I hingga siklus III, dengan peningkatan dari 2,54 menjadi 3,13 pada kategori sangat baik. Penerapan model pembelajaran PBL dengan LKS termodifikasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya, Gerak dan Energi. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, PBL, kinerja guru ABSTRACT Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA kelas V di SDS 02 Gula Putih Mataram masih sebatas menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku teks. Berdasarkan tes dan observasi awal, hasil belajar dan motivasi belajar siswa tergolong rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan Problem Based Learning dengan LKS termodifikasi. Penelitian ini berhasil jika motivasi belajar tergolong tinggi dan rata-rata hasil belajar siswa melebihi dari KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran PBL disertai LKS termodifikasi dari siklus I ke siklus II hingga siklus III dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 2,09 hingga 3,02. Nilai ini termasuk kategori motivasi tinggi. Hasil belajar dari siklus I ke siklus II hingga siklus III meningkat dari 63,43 menjadi 76,57 dengan 15 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran juga telah meningkat dari siklus I hingga siklus III, dengan peningkatan dari 2,54 menjadi 3,13 pada kategori sangat baik. Penerapan model pembelajaran PBL dengan LKS termodifikasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya, Gerak dan Energi. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, PBL, kinerja guru