<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B"^^ . "Setiap tahun pemerintah mengeluarkan anggaran yang besar untuk pengembangan\r\nsarana dan prasarana transportasi, terutama dalam pengembangan transportasi\r\ndarat dengan melakukan penambahan kapasitas jalan raya. Penambahan kapasitas\r\nini dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan terutama pada jalan-jalan yang\r\ntidak dapat lagi menampung volume kendaraan ataupun jalan-jalan yang\r\ndiprediksi akan dilalui oleh volume kendaraan yang tinggi. Untuk itu dibutuhkan\r\nsolusi desain tebal perkerasan didasarkan pada analisis biaya umur layanan\r\n(discounted) termurah dan pertimbangan sumber daya konstruksi dengan desain\r\nlife cycle cost yang minimum.\r\nPenelitian ini dilakukan di Jalan A. H. Nasution pada ruas Metro - Gedung Dalam.\r\nDalam menentukan tebal perkerasan lentur, penelitian ini menggunakan metode\r\n“Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013”, “Pedoman Perencanaan Tebal\r\nPerkerasan Lentur Pt T-01-2002-B” dan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur\r\nJalan Raya dengan Metode Analisa Komponen 387-KPTS-1987. Setelah itu\r\ndilakukan analisis untuk memprediksi kerusakan jalan yang akan datang selama\r\numur rencana atau life cycle design berdasarkan nilai IRI. Dari hasil perencanaan\r\nlife cycle design ini dikembangkan untuk mendapatkan jenis perkerasan yang\r\nterbaik berdasarkan analisis biaya siklus hidup (life cycle cost analysis).\r\nDari analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa biaya siklus hidup\r\nuntuk metode MDPJ 02/M/BM/2013 sebesar Rp 27.762.722.989,75; metode Bina\r\nMarga Pt-T-01-2002-B sebesar Rp 32.643.124.163,76 dan metode Bina Marga\r\n1987 sebesar Rp 33.904.014.800,76. Desain dengan biaya konstruksi awal\r\nterendah yaitu perkerasan dengan metode Bina Marga Pt-T-01-2002-B, sedangkan\r\ndesain dengan biaya siklus hidup terendah adalah perkerasan dengan metode\r\nMDPJ 02/M/BM/2013 yang merupakan tebal perkerasan yang paling optimal.\r\nKata kunci : perkerasan lentur, life cycle cost, life cycle design, IRI OPTIMIZATION OF PAVEMENT THICKNESS FOR ROAD WIDENING\r\nWORK BY USING MDPJ 02/M/BM/2013 AND PT T-01-2002-B METHOD Every year, goverment incur huge cost for development of facilities and\r\ninfrastructures of transportation, especially land transportation development by\r\nincreasing the road capacity. This capacity expansion is done by widening the\r\nroad, especially on roads that can no longer accommodate the volume of vehicles\r\nor roads that predicted will be passed by the high volume of vehicles. Therefore it\r\nis required pavement thickness design solutions that based on a life cycle cost\r\nanalysis and the lowest consideration of construction resources to the minimum\r\nlife cycle cost design.\r\nThis research was conducted in A. H. Nasution Street, on Metro - Gedung Dalam\r\nsegment. To determine the flexible pavement thickness, this research uses\r\n“Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013”, “Pedoman Perencanaan Tebal\r\nPerkerasan Lentur Pt T-01-2002-B” and “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur\r\nJalan Raya dengan Metode Analisa Komponen 387-KPTS-1987 methods”. After\r\nthat, analyze the road deterioration that will happen during the life design or life\r\ncycle design that based on the value of IRI. The results of life cycle design was\r\ndeveloped to get the best pavement type that based on the life cycle cost analysis.\r\nFrom the analysis that has been done, life cycle cost of MDPJ 02/M/BM/2013\r\nmethod is Rp 27.762.722.989,75; Bina Marga Pt-T-01-2002-B method is\r\nRp 32.643.124.163,76 and Bina Marga 387/KPTS/1987 method is\r\nRp 33.904.014.800,76. The design with the lowest initial cost is a pavement\r\ndesign by using Bina Marga Pt-T-01-2002-B method, whereas the design with the\r\nlowest life cycle cost is a pavement design by using MDPJ 02/M/BM/2013\r\nmethod and the most optimal pavement thickness.\r\nKeywords : flexible pavement, life cycle cost, life cycle design, IRI"^^ . "2016-04-14" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK"^^ . . . . . . . "1215011012"^^ . "ANDRIANSYAH"^^ . "1215011012 ANDRIANSYAH"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT (ABSTRAK).pdf"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (File PDF)"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN\r\nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN\r\nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22086 \n\nOPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN \nPADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN \nMETODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-B\n\n" . "text/html" . . . "Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar"@en . .