TY - GEN CY - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ID - eprints22120 UR - http://digilib.unila.ac.id/22120/ A1 - WAHYU EKA SAFITRI, (1116031111) Y1 - 2016/03/29/ N2 - Melestarikan bahasa Lampung dapat dilakukan dengan cara mensosialisasikan bahasa Lampung kepada anak-anak. Saat ini bahasa Lampung merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada siswa-siswi di seluruh daerah Lampung. Namun, sebelumnyaanak mendapat sosialisasi dari keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh peran komunikasi didalam keluarga dan di sekolah terhadap kemampuan berbahasa Lampung. Penelitian dilakukan dengan metode survei yang dilakukan pada 3 sekolah dengan 104 siswa sebagai responden. Dari hasil uji hipotesis adanya signifikasi terhadap dua variabel independent dan satu variabel dependent yang diteliti. Hasilnya (a) besar pengaruh komunikasi didalam keluarga dan di sekolah sebesar 68,9%. Sedangkan sisanya sebesar 31,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. (b) secara bersama-sama peran komunikasi di dalam keluarga dan disekolah mengalami peningkatan, sehingga terjadi peningkatan dalam kemampuan berbahasa Lampung pada siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi di keluarga dan di sekolah mempengaruhi kemampuan berbahasa Lampung yang tinggi. Kata Kunci : Peran di Keluarga, Peran di Sekolah, Kemampuan abstrak bahasa inggris Keep Lampung language everlasting can be done by giving a few socializations to childrens. These days, Lampung language is a compulsory subject which is taught to students all over Lampung district. But, before the students get some socializations from school, they get some socializations first from family. This research aimed to explain the influence of communication role in family and school about the capability of use Lampung language. The research was done by Survey Method that was done to three schools with 104 students as the respondents. By the hypothesis result, there is a signification to two independent variables and one dependent variable which are observed. The result shows (a) the amount of communication influence in family and school is 68,9%. Whereas, the rest amounts 31,1% is the influence of another variable which is not observed (b) in together, the role of communication in the family and in school has increased, so there is increasing in Lampung language ability in students. Because of that, it can be concluded that the communication role in family and school affect the capability of use Lampung language is high. Keywords: Family Role, School Role, Ability PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PERAN KOMUNIKASI DI DALAM KELUARGA DAN DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA LAMPUNG (Studi pada Siswa-siswa SD Negeri 1 Wana, SD Negeri 3 Wana dan SMP Negeri 1 Melinting, Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur) AV - restricted ER -