TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints22131 UR - http://digilib.unila.ac.id/22131/ A1 - Nike Sri Utami, 1213043034 Y1 - 2016/04/26/ N2 - Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam menerapkan pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah dan untuk mendeskripsikan kesesuaian latar belakang pendidikan dengan materi yang akan diterapkan di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dan peran guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang mengikuti pembelajaran seni budaya di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 17 siswa laki?laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah menunjukan bahwa guru dapat menjalankan 7 dari 9 peran guru yang harus dijalankan dalam pembelajaran seni budaya, yaitu guru sebagai perancang pembelajaran (designer of instruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai evaluator (evaluator of student learning), guru sebagai konselor, guru sebagai pelaksana kurikulum, guru dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, tugas dan tanggung jawab guru, dan syarat guru yang baik dan berhasil. Kesesuaian latar belakang pendidikan dengan materi yang diterapkan di kelas XII IPS 2 oleh guru sudah sesuai. Kata kunci: peran guru, pembelajaran, seni budaya TEACHER?S ROLE FOR LEARNING ARTS AND CULTURE APPLYING IN SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH The problem of this research is how the teacher?s role for learning arts and culture applying in SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. The reseach aimed to describe teacher?s role for learning arts and culture in SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah and to describe the suitability of educational back ground of the matter that will be applied in the class. This research uses descriptive method with qualitative approaches. The theory that used in this research is learning and teacher?s role. Sources of data in this research is cultural arts teacher?s and the students who are following the study of arts and culture in XII IPS 2 class of SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Total of students ase 31 students who consisting of 14 female students and 17 male students. Data collection techniques used in this research is observation, interview, and documentation. The results of this research of teacher?s role for learning arts and culture in SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah indicate that teacher?s can operating 7 of 9 role of the teacher who has to operate for learning arts and culture, that is teacher as designer of instruction, teacher as manager of instruction, teacher as learning guides, teacher as evaluator of student learning, teacher as counsellor, teacher in the school-based curiculum environ ment, duties, and respon sibilities of good teacher?s and succeed. Suitability of the educational background of the matter applied by teacher?s is appopriate. Keywords: teacher?s role, learning, arts and culture PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH AV - restricted ER -