title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) creator: AULIA EKA ALZIANINA, 1213021008 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 422 siswa yang terdistribusi dalam tiga belas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 10 dan VIII 11 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest– posttest control group design. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : komunikasi matematis, pengaruh, problem based learning. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-04-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22145/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22145/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22145/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AULIA EKA ALZIANINA, 1213021008 (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/22145/