@mastersthesis{eprints2217, month = {September}, title = {ANALISIS KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {DIAN ERIKA WATI Abdul Kafi}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2217/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1. Perbedaan hasil belajar antara model probing prompting dan examples non examples; 2. Efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi.;3. Efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model pembelajaran probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 4. interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran terhadap hasil belajar SMP Negeri 1 Rawajitu Timur. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian comparative dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 67 yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, kelas VIIIa akan mendapat perlakuan pembelajaran model probing prompting dan kelas VIIIb akan mendapat perlakuan pembelajaran model examples non examples. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan awal dan tes hasil belajar. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini digunakan statistik analisis varian (ANAVA) dan t-test dua sampel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan hasil belajar antara model probing prompting dan examples non examples; (2) Efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; (3) Efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model pembelajaran probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; (4) interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Kemampuan awal, model pembelajaran probing prompting dan examples non examples, hasil belajar} }