@misc{eprints22186, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/ 2016) }, author = { 1113021069 VENI ANITA SARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22186/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan mengetahui untuk efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga belas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan VII-J yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen berbentuk uraian soal pe?mahaman konsep matemats. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis yang mengikuti pembelajaran konven?sional dan persentase siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep de?ngan baik lebih dari 60\%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Pemahaman Konsep, Think pair share (TPS) } }