%A 1423031001 ADEI SAPTURA %T PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN REFLIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP NASIONALISME PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA A?ISYIYAH 1 PALEMBANG %X ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika untuk meningkatkan berpikir kritis, dan (2) sikap nasionalisme, serta (3) efektivitas kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme pada pelajaran sejarah siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Reserch) dengan tiga siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data berpikir kritis menggunakan tes sedangkan sikap nasionalisme menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika telah memberikan peningkatan yang berarti pada indikator berpikir kritis siswa, dari hasil tes berpikir kritis siswa pada siklus 1 mencapai ketuntasan 51,35%, siklus 2 mencapai ketuntasan 70,27% dan siklus 3 mencapai ketuntasan 91,89%. (2) Penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika telah memberikan peningkatan yang berarti pada indikator sikap siswa terhadap nasionalisme, dari hasil observasi pada siklus 1 mencapai ketuntasan 48,65%, siklus 2 mencapai ketuntasan 70,27%, dan siklus 3 mencapai ketuntasan 89,19%. (3) Penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika dapat efektif dalam meningkatkan berpikir kritis dan sikap nasionalisme. Kata kunci : berpikir kritis, sikap nasionalisme, discovery learning, reflika ABSTRACT The purpose of this study was to determine (1) the applying discovery model learning by using replica in order to increase critical thinking, (2) nationalism and (3) the effectiveness of critical thinking skills and nationalism in history lesson to the class X SMA Aisyiyah 1 Palembang. This research method is classroom action research with three steps which are planning, implementation, and observation and reflection. Critical thinking date was taken by using tests, while nationalism through observation. The results of this study indicate that (1) Applying discovery model learning by using replica has increased significant improvement in students' indicators of critical thinking, from the test in cycle 1 students reached 51.35%, cycle 2 reached 70.27% and cycle 3 reached 91.89%. (2) Applying discovery model learning by using replica has increased a significant improvement in students' indicators of attitude towards nationalism, from the observation cycle 1 reached 48.65%,cycle 2 reached 70.27%, and cycles 3 reached 89.19%. (3) Applying discovery model learning by using a replica can be effective in improving critical thinking and nationalism. Keywords: critical thinking, attitude nationalism, discovery learning, replica %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22192