%A 1113022032 MARLIA EKA FITRIANI %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian portofolio pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach serta mendeskripsikan pendapat guru mengenai kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan perangkat penilaian portofolio pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan langkah- langkah analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan tahap yang terakhir yaitu produksi. Berdasarkan uji validasi ahli diperoleh rata- rata persentase untuk aspek konstruksi 85,42%, aspek subtansi 88,33%, dan aspek bahasa 77,78%, dan ketiganya berkriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian diperoleh rata- rata kesesuaian 74,17%, kemudahan 77,08%, kemanfaatan 74,74%, dan ketiganya berkriteria tinggi, sehingga produk penilaian portofolio layak untuk digunakan. Kata kunci: pembelajaran IPA Terpadu, penilaian portofolio, dan scientific approach. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22267