@misc{eprints22287, month = {Februari}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO PUSAT}, author = {1313093066 MARDAYANI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22287/}, abstract = {Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari serangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 58,1 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,6\% menjadi 73,7 dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 6,7 \% menjadi 80,4 Hasil belajar PKn siswa pada siklus I sebesar 40,6 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,2 \% menjadi 58,87\% dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 12,4\% menjadi 71,2\%. Kata kunci : hasil belajar, model cooperative learning, Think Pair Share} }