TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22307 UR - http://digilib.unila.ac.id/22307/ A1 - PUTU AYU CAKYAMUNI, (1213053089) Y1 - 2016/05/04/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD, siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran IPS karena dianggap membosankan dan tidak menyenangkan, dan guru belum menggunakan variasi model pembelajaran salah satunya yaitu model kooperatif tipe make a match. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar IPS pada materi pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi adalah seluruh kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara yang terdiri dari 48 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas IV A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe make a match yang digunakan dalam kelas eksperimen (X1) dan metode ceramah yang digunakan di kelas kontrol (X2) dengan variabel terikat yaitu prestasi belajar IPS (Y). Hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara yang dilihat dari hasil pengujian hipotesis didapat t hitung > t tabel (12,280 > 2,013). Hasil observasi didapat bahwa lebih banyak siswa yang aktif dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Model Kooperatif tipe Make A Match , Prestasi Belajar, IPS. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BALI SADHAR UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -