<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat)"^^ . "ABSTRAK\r\nKantor penempatan dan penyebaran guru dunia menyatakan bahwa 66%\r\nsekolah dasar di pedesaan kekurangan guru sedangkan guru merupakan faktor\r\npenunjang bagi majunya pendidikan. Pendidikan dan komunikasi memiliki kaitan\r\nyang sangat erat, segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan tidak akan\r\ndapat berjalan tanpa adanya komunikasi. Dalam pendidikan, komunikasi\r\nmemegang peranan dalam pemantapan pembelajaran dan perilaku yang\r\ndiharapkan, hubungan antara pengajar dengan pelajar, dan penyampaian instruksi,\r\ntermasuk di dalamnya bertanya, dan pemberian feedback bagi individu. Tidak ada\r\nperilaku pendidikan yang tidak dilahirkan oleh komunikasi. Komunikasi menjadi\r\nbagian yang penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan di\r\nsekolah dasar.\r\nIndonesia Mengajar atau yang biasa disingkat dengan IM merupakan\r\nsebuah lembaga nirlaba yang merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda\r\nterbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar\r\nMuda (PM) di Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat selama satu tahun. Indonesia\r\nMengajar bertugas mendidik siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan metodemetode\r\nmengajar kreatif sebagai media penyampaian pesan. Metode-metode\r\nmengajar tersebut menggunakan beragam komunikasi seperti komunikasi antar\r\npribadi, komunikasi kelompok, komunikasi informatif, komunikasi instruksional\r\ndan komunikasi persuasif.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan\r\npendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep komunikasi\r\npada metode mengajar yang diterapkan oleh Pengajar Muda Angkatan IX.\r\nSumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik\r\npengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi riset dan\r\nstudi kepustakaan . Dengan teknikanalisis data yang menggunakan tahap reduksi,\r\ndisplay (penyajian data), dan verifikasi data\r\nHasil dari penelitian ini adalah konsep komunikasi yang digunakan dalam\r\nmetode mengajar oleh Pengajar Muda Angkatan IX adalah komunikasi kelompok,\r\nkomunikasi antar pribadi, komunikasi informatif, komunikasi instruksional dan\r\nkomunikasi persuasif. Saluran dalam komunikasi kelompok yang digunakan pada\r\nmetode-metode mengajar merupakan saluran all chanel di mana semua anggota\r\ndapat menjadi penerima atau penyebar pesan.\r\nPengajar Muda Angkatan IX diharapkan dapat mengembangkan metodemetode\r\nmengajar lain agar anak-anak dapat lebih berkembang dan lebih\r\nmenyenangi pelajaran dengan metode yang digunakan. Hal ini juga diperlukan\r\nuntuk meningkatkan minat minat belajar siswa-siswi sekolah dasar agar tidak\r\nmalas belajar. Serta komunikasi yang digunakan dapat lebih beragam agar\r\ninformasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima.\r\nKata Kunci: Komunikasi Kelompok, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Persuasif,\r\nKomunikasi Instruksional, Komunikasi Informatif, Indonesia Mengajar\r\nABSTRACT\r\nTeacher Employment and Deployment of World Bank stated that 66% of elementary schools in rural areas lacked of teachers despite of a fact that teachers are supporting factors for education advancement. Education and communication have a very close relationship where everything related to education cannot run without communication. In education, communication has an important role in learning improvement and expected behaviors, relationships between teachers and students, delivering instructions, including asking questions and providing feedbacks for individuals. There is no education behavior which is not resulted from communication. Communication is an important part in education world, especially in elementary school education. Indonesia Teaching is a non-government organization which recruits, trains, and sends best youngsters to varying regions in Indonesia to serve as young teachers in elementary schools and public for one year. Indonesia Teaching serves to educate elementary school students by using creative methods as message delivery media. These teaching methods use varying communication such as interpersonal communication, group communication, informative communication, instructional communication, and persuasive communication. This was a descriptive qualitative research. This research focused on how communication concept in teaching method was applied by Young Teachers Cycle IX. This research used primary and secondary data which were collected with interviews, observations and literary study. Data were analyzed with data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that communication concepts applied in teaching method by Young Teachers Cycle IX were group communication, interpersonal communication, informative communication, instructional communication and persuasive communication. Channels in group communication used by these teaching methods were all channels were all group members could be message receivers and message distributors.\r\nThe Young Teachers Cycle IX are expected to be able to develop other\r\nteaching methods so that students can develop and be more favoring lessons with\r\nused methods. These are needed to improve elementary school students’ interests\r\nso that they are not reluctant to learn. Communication which is used should be\r\nmore varying so that delivered information can be easier to accept.\r\nKeywords : group communication, interpersonal communication, persuasive\r\ncommunication, instructional communication, informative communication,\r\nIndonesia Teaching"^^ . "2016-04-25" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK "^^ . . . . . . . " (1116031117)"^^ . "NYIMAS RINA DESTI ARIFIN"^^ . " (1116031117) NYIMAS RINA DESTI ARIFIN"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR\r\n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22319 \n\nANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR \n(Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat)\n\n" . "text/html" . . . " "@id . ""@id . ""@id . ""@id . ""@id . . . "HE Transportation and Communications"@en . .