@misc{eprints22323, month = {Mei}, title = {PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO PUSAT}, author = {(1213053004) ADINDA AGENG SYAHPUTRI }, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22323/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa. Hanya 9 orang (45\%) dari 20 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe inside outside circle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi menggunakan lembar observasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe inside outside circle dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama partisipasi belajar siswa memperoleh kategori partisipatif. Pada siklus kedua partisipasi belajar siswa meningkat dengan memperoleh kategori sangat partisipatif. Hasil belajar siswa pada siklus pertama memperoleh kategori tinggi. Sedangkan pada siklus kedua meningkat dengan memperoleh kategori sangat tinggi. Kata kunci: partisipasi, hasil belajar, model cooperative learning tipe IOC.} }