%0 Generic %A Ave Suakanila Fauzisar, 1113024007 %C Universitas Lampung %D 2016 %F eprints:22355 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN GOLONGAN DARAH DENGAN GAYA BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Al Kautsar Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/22355/ %X Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar biologi. Desain penelitian ini adalah deskriftif korelasi dengan teknik total sampling, sebanyak 136 siswa-siswi. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes tertulis dan data gaya belajar, motivasi berprestasi siswa, serta gaya mengajar guru diperoleh dari angket dan lembar observasi. Data Hasil penelitian dianalilis menggunakan teknik korelasi Spearman Rho dan Tukey ANOVA yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Namun, hasil analisis motivasi berprestasi, siswa bergolongan darah AB dan B menunjukkan beda yang signifikan. Siswa bergolongan darah A memiliki nilai rata-rata prestasi belajar lebih tinggi dibanding golongan darah lainnya dengan urutan golongan darah O, B dan AB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa golongan darah tidak memiliki hubungan yang sinergis dan signifikan dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar belajar biologi. Kata Kunci: golongan darah, gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar This research aimed to figure out the correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement. The design of this research was descriptive correlation by using total sampling technique, with 136 students as samples of this study. The research data of student’s learning achievement score obtained from writing test. Student’s learning style, motivation performance and teacher’s teaching style datas were obtained from observation paper and questionnaires. The research’s result analyzed by Spearman Rho Correlation technique and Tukey ANOVA, showed that there was no significant correlation between blood group and learning style, motivation performance and learning achievement. However, the analysis result of motivation performance showed the significant differences between AB and B. Blood group A rechieved the highest average in learning achievement score followed by blood group O, B than AB. Therefore, it can be concluded that there are no significant correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement. Keywords: Blood group, learning style, motivation performance, learning achievement