creators_name: ANDREAS TRI WIBOWO , 1213053012 creators_id: ganteng303@gmail.com type: other datestamp: 2016-06-07 06:20:29 lastmod: 2016-06-07 06:20:29 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ratarata posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel membuktikan bahwa tingkat kebermaknaannya signifikan sehingga Ha diterima, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: kontekstual, media realia, hasil belajar. date: 2016-05-12 publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ANDREAS TRI WIBOWO , 1213053012 (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22361/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22361/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22361/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf