@misc{eprints22367, month = {Mei}, title = {PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 RAMAN ENDRA LAMPUNG TIMUR}, author = {1213053045 FAJAR RAHAYU NINGWIASIH}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22367/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis, dan. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung = 2,324 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,028 ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar IPS. Kata kunci: team assisted individualization, media grafis, hasil belajar.} }