%0 Generic %A MUHAMAD SANGAJI , 1213021042 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:22370 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kalianda Tahun Pelajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/22370/ %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kalianda semester genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kalianda Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Kata Kunci : Efektivitas, Komunikasi Matematis, Think Talk Write