%0 Generic %A TRIA RAMDANI FEBRIANTI , 1213053114 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22379 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 TEMPURAN %U http://digilib.unila.ac.id/22379/ %X Masalah dalam penelitian ini didasari oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Games Tournaments. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournaments dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa aktif siklus 1 kategori “Aktif” dan siklus 2 kategori “Sangat aktif”. Hasil belajar afektif dengan persentase siswa baik siklus 1 kategori “Cukup baik” dan siklus 2 kategori “Sangat baik”. Hasil belajar psikomotor dengan persentase siswa terampil siklus 1 kategori “Terampil” dan siklus 2 kategori “Sangat terampil”. Hasil belajar kognitif Persentase siswa tuntas siklus 1 kategori “Baik” dan siklus 2 kategori “Sangat baik”. Kata kunci: teams games tournaments, aktivitas belajar, hasil belajar siswa