creators_name: NADYA ARIZONA , 1213041061 creators_id: nadyarizona@gmail.com type: other datestamp: 2016-06-08 04:17:57 lastmod: 2016-06-08 04:17:57 metadata_visibility: show title: KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2014 DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA. ispublished: pub subjects: LB subjects: P1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Kesalahan penggunaan ejaan merupakan kesalahan yang sering terjadi pada tulisan suatu karya ilmiah. Kesalahan penggunaan ejaan yang dimaksud sebagaimana terdapat pada skripsi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung tahun 2014. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan pada skripsi mahasiswa dan implikasinya pada pengajaran mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian adalah skripsi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung tahun 2014 yang berjumlah 10 skripsi dari lima jurusan jenjang sarjana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, yakni dengan mengambil tiga halaman pada setiap bab dari tiap skripsi. Jika dalam bab tertentu terdapat kurang dari tiga halaman maka bab tersebut diambil seluruhnya. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis kesalahan berbahasa, yakni taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada skripsi mahasiswa terdapat kesalahan penggunaan ejaan dalam pemakaian huruf (huruf kapital dan huruf miring), penulisan kata (gabungan kata, kata depan di, ke dan dari, singkatan dan akronim, angka dan bilangan), dan pemakaian tanda baca (titik, koma, titik koma, titik dua, tanda hubung, tanda pisah, tanda petik, tanda kurung, garis miring, tanda elipsis) pada skripsi mahasiswa. Berdasarkan dua klasifikasi analisis kesalahan berbahasa, yakni (1) taksonomi siasat permukaan yang ditemukan kesalahan penghilangan (omission), kesalahan penambahan (addition), kesalahan pembentukan (misformation), kesalahan pengurutan (misordering) dan (2) taksonomi efek komunikatif ditemukan kesalahan lokal dan kesalahan global. Temuan ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia sebagai suplemen pembelajaran, yakni contoh-contoh kesalahan yang lazim terjadi pada penulisan karya ilmiah terutama skripsi. Kata kunci: kesalahan penggunaan ejaan, skripsi, kesalahan berbahasa. date: 2016-05-26 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NADYA ARIZONA , 1213041061 (2016) KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2014 DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22381/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22381/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22381/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf