@mastersthesis{eprints22385, month = {Maret}, title = {PERBANDINGAN ROTASI FAKTOR PADA ANALISIS FAKTOR PENILAIAN SIKAP }, school = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1327031005 DWI MARDIANI}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22385/}, abstract = {ABSTRAK Multivariate merupakan metode analisis statistik yang memungkinkan untuk melakukan penelitian terhadap lebih dari dua variabel yang saling berkorelasi secara bersamaan. Salah satu analisis multivariate yang sering digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel pada bidang pendidikan adalah Analsis Faktor, yaitu untuk menunjukkan apakah terjadi reduksi variabel teramati (observable variable) menjadi variabel baru yang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah variabel sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menduga loading faktor pada masalah penilaian sikap di bidang pendidikan pada sikap Spiritual, perilaku Jujur, Disiplin, Tanggungjawab, Gotongroyong, Kerjasama, Toleransi, Damai, Santun, Responsif dan Proaktif. Pada penelitian ini dibandingkan performan dari Metode Komponen Utama dan Metode Maksimum Likelihood. Hasilnya dengan memperhatikan hasil dari analisis data dari Metode Komponen Utama dan Metode maksimum Likelihood pada keluaran R dan Minitab baik sebelum rotasi maupun setelah rotasi melalui pemilihan rotasi orthogonal Varimax dan Rotasi Non-Orthogonal Promax disimpulkan terbentuk dua faktor yaitu Faktor 1 sebagai Komponen Sikap Spiritual dan Faktor 2 sebagai Komponen Sikap Sosial. Kata kunci : Analisis Faktor, Metode Komponen Utama, Metode Maksimum Likelihood, Rotasi Orthogonal Varimax, Rotasi Non-Orthogonal Promax ABSTRACT Multivariate merupakan metode analisis statistik yang memungkinkan untuk melakukan penelitian terhadap lebih dari dua variabel yang saling berkorelasi secara bersamaan. Salah satu analisis multivariate yang sering digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel pada bidang pendidikan adalah Analsis Faktor, yaitu untuk menunjukkan apakah terjadi reduksi variabel teramati (observable variable) menjadi variabel baru yang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah variabel sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menduga loading faktor pada masalah penilaian sikap di bidang pendidikan pada sikap Spiritual, perilaku Jujur, Disiplin, Tanggungjawab, Gotongroyong, Kerjasama, Toleransi, Damai, Santun, Responsif dan Proaktif. Pada penelitian ini dibandingkan performan dari Metode Komponen Utama dan Metode Maksimum Likelihood. Hasilnya dengan memperhatikan hasil dari analisis data dari Metode Komponen Utama dan Metode maksimum Likelihood pada keluaran R dan Minitab baik sebelum rotasi maupun setelah rotasi melalui pemilihan rotasi orthogonal Varimax dan Rotasi Non-Orthogonal Promax disimpulkan terbentuk dua faktor yaitu Faktor 1 sebagai Komponen Sikap Spiritual dan Faktor 2 sebagai Komponen Sikap Sosial. Kata kunci : Analisis Faktor, Metode Komponen Utama, Metode Maksimum Likelihood, Rotasi Orthogonal Varimax, Rotasi Non-Orthogonal Promax } }