title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 3 MULYA ASRI KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: HARTIKA KURNIAWATI, 1213053055 subject: L Education (General) = Pendidikan description: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas VB dan VC SDN 3 Mulya Asri. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal ini terlihat dari nilai N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen (VC) yaitu 37,50 lebih tinggi dari nilai N-gain hasil belajar siswa pada kelas kontrol (VB) yaitu 23,29. Kata kunci: model Think Pair Share, hasil belajar IPS. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-05-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22393/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22393/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22393/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: HARTIKA KURNIAWATI, 1213053055 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 3 MULYA ASRI KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/22393/