@misc{eprints22397, month = {Mei}, title = {PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Materi Pokok Kelangsungan Hidup Mahluk Hidup Melalui Adaptasi, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakan Siswa Kelas IX MTs. NU Kota Agung T.P 2015/2016)}, author = {1113024011 DWI AGUS LIANI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22397/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif dan aspek afektif siswa antara pembelajaran yang menggunakan model Guided Discovery Learning dan Guided Inquiry Learning. Desain penelitian ini menggunakan randomized pretest- posttest control group design. Data kuantitatif di peroleh dari pretest, postest dan N-gain yang di analisis menggunakan uji U. Data kuantitatif berupa hasil belajar aspek afektif siswa yang diperoleh dari lembar observasi afektif dan dianalisis secara deskriptif. Hasil ini yang rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen II (75.40) dengan kriteria baik dibandingkan dengan kelas eksperimen I (57.46) dengan kriteria rendah. Rata-rata hasil belajar aspek afektif siswa kelas eksperimen II ( 71.69) berkriteria baik, sedangkan eksperimen I ( 63.27) berkriteria cukup. Dengan demikian, model pembelajaran Guided Inquiry learning lebih baik dibandingkan Guided Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : guided discovery, guided inquiry, hasil belajar, Model Pembelajaran} }