%A AHMAD UNTORO Asmungi %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENGELOMPOKKAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dalam mening-katkan keterampilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bandar Lampung semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan N-gain keterampilan mengkomu-nikasikan dan mengelompokkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,46; dan rerata N-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,29 dan 0,55. Pengujian hipotesis pada penelitian ini meng-gunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian Ahmad Untoro hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkomunikasikan dan mengelom-pokkan pada materi larutan penyangga dan hidrolisis yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keteram-pilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan. Kata kunci: problem solving, mengkomunikasikan, mengelompokkan. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints224