creators_name: Zainal Rasjid, ACHRIL ZALMANSYAH type: thesis datestamp: 2014-07-05 05:04:19 lastmod: 2014-07-05 05:04:19 metadata_visibility: show title: KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VI SD AL-KAUTSAR BANDARLAMPUNG ispublished: pub subjects: HE subjects: LB subjects: P1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian yang dilakukan di SD Al-Kautsar Bandarlampung Tahun Ajaran 2012-2013 ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa berdasarkan empat taksonomi kesalahan berbahasa dengan menggunakan metode deskriptif dan sumber data berupa karangan siswa yang berjumlah 38 buah karangan. Kesalahan berbahasa yang teridentifikasi pada karangan siswa kelas VI SD Al-Kautsar Bandarlampung ini teridentifikasi dengan rincian (1) kesalahan berbahasa berdasarkan Taksonomi Kategori Linguistik ditemukan 1361 kesalahan (79,82%) dari total 1705 kesalahan; (2) kesalahan berbahasa berdasarkan Taksonomi Siasat Permukaan ditemukan 24 kesalahan (1,41%) dari total 1705 kesalahan, (3) kesalahan berbahasa berdasarkan Taksonomi Komparatif ditemukan 14 kesalahan (0,59%) dari total 1705 kesalahan, dan (4) kesalahan berbahasa berdasarkan Taksonomi Efek Komunikatif yang teridentifikasi pada penelitian ini sebanyak 111 kesalahan (6,5%) dari total 1705 kesalahan. Pada penelitian ini, kesalahan berbahasa salah formasi (misformation) pada Taksonomi Siasat Permukaan dan kesalahan lain (unique errors) pada Taksonomi Komparatif tidak ditemukan satu kesalahan pun. Kata kunci: karangan, kesalahan berbahasa, siswa, taksonomi Research conducted in SD Al-Kautsar Bandarlampung Academic Year 2012-2013 aims to describe errors by four language errors taxonomies by using descriptive methods and the data sources of 38 students’ essays. The language errors identified in the students’ essays of Class VI SD Al-Kautsar Bandarlampung described in this detail (1) language errors based on Linguistic Category Taxonomy found 1361 erors (79.82%) of the total 1705 errors, (2) language errors based on Surface Strategy Taxonomy found 24 errors (1.41%) of the total 1705 errors, (3) language errors based on Comparative Taxonomy found 14 errors (0.59%) of the total 1705 errors, and (4) language errorsbased on Communicative Effects Taxonomy identified 111 errors (6.5%) of the total 1705 errors. The research found no language errors both in misformation of Surface Strategy Taxonomy and other errors (unique errors) of Comparative Taxonomy. Keywords: students, essay, language errors, taxonomy date: 2014-07-06 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters related_url_type: pub citation: Zainal Rasjid, ACHRIL ZALMANSYAH (2014) KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VI SD AL-KAUTSAR BANDARLAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/1/COVER%20%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/6/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/7/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/9/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/10/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/12/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/13/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/14/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/15/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/16/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2240/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf