@misc{eprints22400, month = {Mei}, title = {AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN METODE PROYEK DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN TK KESUMA TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {1213054051 LIA SANTIKA }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22400/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah aspek perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kesuma Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dengan perkembangan sosial, serta untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar menggunakan metode proyek dengan perkembangan sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Same group atau desain kelompok serupa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 26 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji komparatif dan uji spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek. Penelitian juga menunjukan adanya hubungan positif yang sangat rendah antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dengan perkembangan sosial, serta ada hubungan positif yang sangat kuat antara aktivitas belajar menggunakan metode proyek dengan perkembangan sosial. Kata kunci : aktivitas belajar, metode ceramah, metode proyek, dan perkembangan sosial. ABSTRACT The problem in this research was low social development of children age 5-6 years old in TK Kesuma West Karang, Bandar Lmapung. This research aimed to the difference between learning activity using lecturing method and project method, beside that, the aimed of this research also to know the relationship of learning activity using lecturing method with the social development, and also to know the relationship of learning activity using project method with the social developmet. This research used experiment method with the same group design. The technique of sampe collection using saturated sampling, the sample of this research consist of 26 children. The technique of data collection using observation and document. The data analyzed using comparative test and spearman rank test. Based on the result, it could be concluded that there was a difference between learning activity through lecturing methodand project method. This research also that there were positive relation that very low between learning activity through lecturing method with the social behavior, and there were positive relation that very high between learning activity through project method with the social depelopment. Keywords: learning activity, lecturing method, project method, and social development} }