@misc{eprints22411, month = {Mei}, title = { PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V B SD NEGERI 10 METRO PUSAT }, author = {(1213053120) VINA ANGELA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22411/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,78, sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe course review horay. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 67,72 dan siklus II menjadi 74,58, meningkat sebesar 6,86. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 59,09\% dengan kategori ?cukup tinggi? dan siklus II menjadi 77,27\% dengan kategori ?tinggi? meningkat sebesar 18,18\%. Kata kunci: course review horay, hasil belajar, PKn. } }