TY - GEN ID - eprints2243 UR - http://digilib.unila.ac.id/2243/ A1 - , Dwi Rahayu Studya Ningsih Y1 - 2014/09/11/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pemanfaatan bahan ajar yang digunakan saat ini dan potensi sekolah terhadap produk yang dikembangkan, (2) menghasilkan produk multimedia interaktif Autocad 2 dimensi untuk pembelajaran, (3) menganalisis efektifitas setelah menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran setelah menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi, dan (5) menganalisis daya tarik pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMK Negeri 3 Kotabumi dan SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 3 Kotabumi berpotensi untuk pengembangan multimedia interaktif, (2) hasil pengembangan berupa bahan ajar multimedia interaktif AutoCAD, (3) bahan ajar multimedia interaktif efektif digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai gain untuk aspek kognitif 0,46 dan aspek psikomotor adalah 0,42, (4) multimedia interaktif efisien sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,22, (5) multimedia interaktif menarik untuk digunakan sebagai sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata skor 3,15. Kata kunci : Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, AutoCAD TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK AUTOCAD BAGI SISWA SMK DI LAMPUNG AV - restricted ER -