%A 1213032088 YULIANA %T HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN MENGELUARKAN PENDAPAT DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X di SMAN 1 SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan konsep diri dan kemampuan mengeluarkan pendapat dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram kabupaten lampung tengah tahun 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey dengan pendekatan kuantitatif dan dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram yang keseluruhannya berjumlah 192 siswa dan sampel diambil dari 30% yaitu 60 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan mengeluarkan pendapat terhadap prestasi belajar PKn. Konsep diri yang positif serta kemampuan mengeluarkan pendapat yang baik lebih cenderung menunjukan hasil nilai atau prestasi belajar PKn yang tinggi. Kata Kunci: konsep diri, kemampuan mengeluarkan pendapat, prestasi belajar PKn %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints22438