TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22446 UR - http://digilib.unila.ac.id/22446/ A1 - ELSA DESTRIYANI, (1213053043) Y1 - 2016/05/19/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pujo Basuki pada pembelajaran Matematika yakni 12 siswa (63,16%) dari 19 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase ketercapaian pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase 47,37% berada pada kategori ?Kurang Kritis?, pada siklus II keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase 84,21% berada pada kategori ?Kritis? meningkat sebesar 36,84%. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 65,26, pada siklus II hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 72,63, meningkat sebesar 7,37. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, model discovery learning, matematika. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PUJO BASUKI TAHUN 2015/2016 AV - restricted ER -