@misc{eprints22454, month = {Mei}, title = {PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON-ELEKTROLIT}, author = {1213023056 RENI MEIDAYANTI }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22454/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dan kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X1 dan X14. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan peningkatan self efficacy, keterampilan berpikir kritis, penilaian aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Peningkatan self efficacy sebelum Reni Meidayanti dan sesudah pembelajaran diukur dengan menggunakan angket. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit diukur dengan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa keefektivan model pembelajaran tersebut yang diukur berdasarkan rata-rata ketercapaian aktivitas siswa dan peningkatan self efficacy bagi kedua kelas berkriteria sangat tinggi, sementara kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkriteria tinggi dan n-Gain X1 dan X14 berkriteria sedang. Selanjutnya, untuk kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II yang diukur berdasarkan rata-rata ketercapaian keterlaksanaan RPP bagi kedua kelas berkriteria tinggi, sementara respon siswa berkriteria sangat tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki keefektivan dan kepraktisan yang tinggi dalam meningkatkan self efficacy dan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: berpikir kritis, keefektivan, kepraktisan, self efficacy, SiMaYang tipe II} }