TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22460 UR - http://digilib.unila.ac.id/22460/ A1 - Giatri Ramadhania, 1213053054 Y1 - 2016/05/13/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika di SD Negeri 2 Rajabasa Kota Bandar Lampung belum menggunakan media pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen untuk melihat pengaruh pemberian perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen). Desain dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri sebanyak 136 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Paired Sample t Test. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 15,479 > t tabel sebesar 2,021. Sehingga hasil belajar matematika dipengaruhi oleh media visual tiga dimensi. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, media visual tiga dimensi PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -