?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE%0D%0ALISTENING+TEAM+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS%0D%0ADAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+V%0D%0ASD+NEGERI+3+METRO+BARAT%0D%0ATP+2015%2F+2016&rft.creator=MARTAULI+ARITONANG+%2C+1213053066&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=ABSTRAKMasalah+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPS+siswa%0D%0Akelas+V+SD+Negeri+3+Metro+Barat+yang+diketahui+dari+hasil+observasi%2C+dari+jumlah+34%0D%0Aorang+siswa+masih+terdapat+24+orang+siswa+(70%2C59%25)+belum+mencapai+KKM+yaitu+66.%0D%0ATujuan+penelitian+ini+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPS+siswa+kelas+V%0D%0ASD+Negeri+3+Metro+Barat+dengan+menggunakan+model+cooperative+learning+tipe+listening%0D%0Ateam.+Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas+yang%0D%0Adilaksanakan+dalam+2+siklus+dan+masing-masing+siklus+terdiri+dari%3A+perencanaan%2C%0D%0Apelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Pengumpulan+data+menggunakan+teknik+non+tes+dan%0D%0Ates.+Teknik+non+tes+dengan+cara+observasi+menggunakan+lembar+observasi+untuk%0D%0Amengobservasi+kinerja+guru+dan+aktivitas+siswa.+Teknik+tes+digunakan+untuk+mengetahui%0D%0Ahasil+belajar+siswa+menggunakan+soal-soal+tes.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan%0D%0Aadalah+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%0D%0Apenggunaan+model+cooperative+learning+tipe+listening+team+dapat+meningkatkan+aktivitas%0D%0Adan+hasil+belajar+siswa.+Nilai+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+siklus+I+memperoleh%0D%0Akategori+%E2%80%9CCukup+Aktif%E2%80%9D+dan+siklus+II+memperoleh+kategori+%E2%80%9CAktif%E2%80%9D.+Persentase+klasikal%0D%0Aaktivitas+belajar+siswa+siklus+I+memperoleh+kategori+%E2%80%9CCukup+Aktif%E2%80%9D+dan+siklus+II%0D%0Amemperoleh+kategori+%E2%80%9CSangat+Aktif%E2%80%9D.+Nilai+rata-rata+hasil+belajar+siswa+siklus+I%0D%0Amemperoleh+kategori+%E2%80%9CTuntas%E2%80%9D+dan+siklus+II+memperoleh+kategori+%E2%80%9CTuntas%E2%80%9D.+Persentase%0D%0Aketuntasan+hasil+belajar+klasikal+siswa+siklus+I+memperoleh+kategori+%E2%80%9CSedang%E2%80%9D+dan+siklus%0D%0AII+memperoleh+kategori+%E2%80%9CTinggi%E2%80%9D.%0D%0AKata+kunci%3A+Cooperative+learning+tipe+listening+team%2C+aktivitas+siswa%2C+hasil+belajar%0D%0Adan+IPS%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-06-01&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22473%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22473%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22473%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MARTAULI+ARITONANG+%2C+1213053066++(2016)+PENGGUNAAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+LISTENING+TEAM+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+3+METRO+BARAT+TP+2015%2F+2016.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22473%2F