@misc{eprints22474, month = {Mei}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWODADI}, author = {1213053087 PRAYOGI ARIYONO }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22474/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas 56,95 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 33,33\% atau 6 orang siswa dari 18 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwodadi melalui penerapan model cooperative learning tipe time token. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe time token dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwodadi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,56 pada siklus II menjadi 70,47 terjadi peningkatan sebesar 7,91. Tingkat kentuntasan pada siklus I sebesar 61,11\% pada siklus II menjadi 83,33\% terjadi peningkatan sebesar 22,22\%. Kata kunci: cooperative learning, time token, hasil belajar, IPS.} }