%A 1213022062 Ririn Andriyatin %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI SUHU DAN KALOR %X Salah satu media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dengan baik adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan LKS materi Suhu dan Kalor dilengkapi model Problem Based Learning (PBL). Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan. Pengembangan LKS dengan model PBL berpedoman pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Pada tahap validasi produk dilakukan uji validasi oleh ahli desain dan ahli isi atau materi dan dilakukan perbaikan berdasarkan kritik dan saran yang diperoleh. Produk yang telah diperbaiki kemudian diuji coba satu lawan satu kepada tiga orang siswa. Revisi dilakukan berdasarkan kritik dan saran oleh pengguna. Selanjutnya dilakukan uji coba pemakaian produk di lapangan dengan 35 orang siswa dan diperoleh skor kemenarikan 3,44 (sangat menarik), skor kemudahan 3,56 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,58 (sangat bermanfaat). Produk efektif digunakan karena berdasarkan hasil uji efektivitas, 88% siswa telah tuntas dari nilai Ketuntasan Kriteria Minimal yang telah ditetapkan, yaitu 75, dengan nilai rata rata 81. Revisi produk dilakukan berdasarkan kritik dan saran selama uji coba pemakaian. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan LKS model PBL materi Suhu dan Kalor yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif sebagai media pembelajaran. Kata kunci: lembar kerja siswa, pengembangan, Problem Based Learning, suhu dan kalor. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22500