creators_name: Faradilla Abrina Putri, 1113053126 creators_id: abrina.510@gmail.com type: other datestamp: 2016-06-15 03:53:01 lastmod: 2016-06-15 03:53:01 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Kesumadadi Lampung Tengah. Tujuan peneitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas “Aktif”. Aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas “Sangat Aktif”. Aktivitas siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan katagori “Baik” tetapi belum mencapai ketuntasan. Dilanjutkan pada siklus II dengan katagori “Baik”. Hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II telah mencapai ketuntasan. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe group investigation. date: 2016-05-20 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: Faradilla Abrina Putri, 1113053126 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22505/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22505/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22505/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf