%0 Generic %A RITA PURNAMASARI, 1213021064 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22546 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/22546/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam 13 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think talk write