TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22546 UR - http://digilib.unila.ac.id/22546/ A1 - RITA PURNAMASARI, 1213021064 Y1 - 2016/06/03/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam 13 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think talk write PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -