TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22557 UR - http://digilib.unila.ac.id/22557/ A1 - AHMAD HASANUDIN, 1213053007 Y1 - 2016/05/26/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori ?Aktif? dan siklus II memperoleh kategori ?Aktif?. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I dengan kategori ?Cukup aktif? dan siklus II dengan kategori ?Sangat aktif?. Nilai rata-rata siswa siklus I menunjukan kategori ?Baik? dan siklus II dengan kategori ?Sangat baik?. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan kategori ?Tinggi? dan siklus II dengan kategori ?Sangat tinggi?. Kata kunci : kooperatif, Student Team Achivement Division (STAD), media grafis, aktivitas belajar, hasil belajar. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 SIDODADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -