%0 Thesis %9 Masters %A Pudjidarto, Nurini %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2014 %F eprints:2256 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SEDERHANA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/2256/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) format perencanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu gambar untuk peningkatan kemampuan siwa menulis karangan deskripsi sederhana, (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu gambar untuk peningkatan kemampuan siwa menulis karangan deskripsi sederhana, (3) sistem evaluasi untuk pembelajaran menulis dengan menggunakan kartu gambar,dan (4) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi sederhana dengan menggunakan kartu gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reasearch). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F dan VIII D. Pada siklus I menggunakan kartu gambar berupa tumbuhan siklus II menggunakan kartu gambar berupa hewan. Siklus III menggunakan kartu gambar berupa wajah seseorang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) format RPP yang dirancang dengan menggunakan kartu gambar melalui tiga tahapan yakni stimulasi, asimilasi dan aplikasi; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami penigkatan dalam hal bertanya jawab dan berdiskusi dengan teman; (3) sistem evaluasi pembelajaran menulis karangan deskripsi sederhana meliputi aspek content, organization, language use, vocabulary dan mechanics; (4) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Suklus I (56,7%), siklus II (64,8%), dan siklus III( 97,2%) Kata Kunci: karangan deskripsi, kartu gambar, keterampilan menulis.