%0 Generic %A APRI DWI SULISTYO, 1213022005 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22564 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/22564/ %X Media pembelajaran mobile learning dibuat untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan schoology dan mendeskripsikan kelayakan berupa kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, yaitu Research and Development atau penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang digunakan yaitu memodifikasi desain pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik, mudah, dan bermanfaat. Selain itu, produk yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran, dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan N-Gain, dengan peningkatannya pada klasifikasi sedang. Kata kunci: mobile learning, pengembangan, dan schoology.