%0 Generic %A FIRDAUS HIDAYAT, 1111011046 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:22587 %I JURUSAN MANJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH DIMENSI LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Kafe Sosial Place di Bandar Lampung %U http://digilib.unila.ac.id/22587/ %X abstrak Saat ini perkembangan dan aktifitas bisnis di Kota Bandar Lampung semakin pesat. Bisnis kuliner berbentuk kafe di Bandar Lampung semakin meningkat yang menimbulkan persaingan antara pelaku bisnis. Salah satu kafe yang menjadi pilihan konsumen adalah Sosial Place. Sosial Place merupakan kafe yang mengutamakan desain interior ruangan agar konsumen merasa seperti dirumah sendiri. Masalah yang dihadapi oleh Kafe Sosial Place yaitu banyaknya pesaing yang berkonsep servicescape juga dengan tujuan kenyamanan dan kepuasan konsumen pada saat berkunjung ke kafe tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini apakah dimensi servicescape yang terdiri atas ambient conditions, spatial layout and functionality dan sign, symbol and artefact berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh demensi servicescape (lingkungan fisik) terhadap kepuasan konsumen di kafe Sosial Place Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan syarat berusia 18 tahun keatas, pernah berkunjung dan pernah menikmati layanan kafe Sosial Place. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Uji validitas menggunakan factor loading dan reabilitas menggunakan cronbact alpha. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan nilai signifikansi F sebesar 0,000 yang artinya bahwa secara bersama-sama seluruh dimensi servicescape berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Besarnya sumbangan peran dimensi servicescape yang terdiri dari ambient condition, spatial layout and functionality, dan sign, symbol and artifact terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,1% sementara sisanya dipengaruhi oleh berbagai variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Firdaus Hidayat Saran untuk pihak Kafe Sosial Place, sebaiknya lebih memperhatikan tata letak agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, memilih warna yang tidak mengganggu pengelihatan pengunjung dengan memilih warna yang tidak terlalu gelap. Untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya menggunakan variabel-variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: Servicescape, Ambient Condition, Spatial Layout and Functionolaity, Sign, Symbol and Artifact, Kepuasan Konsumen