%A 1113021037 Ikhwanudin %J EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) %X ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) Oleh IKHWANUDIN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran Socrates Kontekstual ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian One- Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji proporsi tanda binomial. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Efektivitas, Socrates Kontekstual, Kemampuan Pemahaman konsep. %C Universitas Lampung %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints22591