@misc{eprints22609, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 01 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 }, author = {1213031007 ANITA FIKTI UTAMI}, address = {FALKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22609/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP sebanyak 5 kelas dengan jumlah 183 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 siswa dari seluruh populasi yang memiliki kesempatan sama untuk dipilih menjadi sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner / angket, dokumentasi dan tes. Pengujian Hipotesis menggunakan uji parsial (sendiri-sendiri) dan uji simultan (serentak/bersama-sama). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) Ada pengaruh penerapan metode SQ3R dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Kata kunci : hasil belajar, metode SQ3R, motivasi belajar } }