title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: DEWI UTARI , 1213053031 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS.20. Berdasarkan uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai signifikasi lebih besar dari ketetapan, sehingga dari uji tersebut dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: model kooperatif tipe Number Head Together, hasil belajar, IPS. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-06-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22614/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22614/17/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22614/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DEWI UTARI , 1213053031 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/22614/