@mastersthesis{eprints2263, month = {April}, title = {PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN SPEAKING MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS X SMAN 8 BANDAR LAMPUNG}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {Yudi Eka Pratama Sapri,}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2263/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, hasil pembelajaran yaitu peningkatan motivasi dan keterampilan berbicara. Penelitian menggunakan PTK dengan 3 siklus pada siswa kelas X1 dan X2 SMAN 8 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan tes lisan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) RPP dirancang dengan langkah-langkah: presentasi oleh guru, diskusi kelompok siswa, turnamen, dan penghargaan kelompok; (2) Aktivitas siswa meningkat menjadi 56 siswa yang aktif (84\%), terutama pada memberikan jawaban dan mengajukan pertanyaan kepada guru, mengemukakan pendapat, berdialog, dan berlatih bersama anggota kelompok, dan melaksanakan turnamen sesuai aturan; (3) Sistem penilaian pembelajaran melalui APKG, observasi aktivitas belajar siswa, kuesioner, dan tes lisan kelompok dan individu; (4) Motivasi belajar siswa meningkat di mana pada siklus I terdapat 22 siswa yang memiliki motivasi tinggi (34\%), 20 siswa yang memiliki motivasi sedang (30\%), dan 24 siswa yang memiliki motivasi rendah (36\%). Pada siklus II terdapat 35 siswa yang memiliki motivasi tinggi (54\%), 18 siswa yang memiliki motivasi sedang (27\%), dan 13 siswa yang memiliki motivasi rendah (19\%). Sedangkan pada siklus III motivasi belajar siswa meningkat kembali di mana terdapat 53 siswa yang memiliki motivasi tinggi (80\%), 11 siswa yang memiliki motivasi sedang (17\%), dan 2 siswa yang memiliki motivasi rendah (3\%); (5) Keterampilan speaking siswa tercatat bahwa pada siklus 1 terdapat 23 siswa (35\%) yang mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus 2 terdapat 38 siswa kelas X1 dan X2 (57\%) dan pada siklus 3 mengalami peningkatan di mana terdapat 56 siswa kelas X1 dan X2 (85\%) yang mencapai ketuntasan klasikal. Kata kunci: Motivasi, Pembelajaran Kooperatif TGT, Speaking} }