creators_name: ELOK WASPADANY , 1213021021 type: other datestamp: 2016-06-21 04:07:09 lastmod: 2016-06-21 04:07:09 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemam-puan berpikir kritis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran ber-basis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung tahun pela-jaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII/A dan VIII/B yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui teknik tes sedangkan data self confidence diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pe-nerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence date: 2016-06-01 publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ELOK WASPADANY , 1213021021 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22655/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22655/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22655/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf