@misc{eprints22660, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT}, author = {(1213053057) INTAN KHARISMAYANTI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22660/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa SD Negeri 10 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat melalui penerapan model cooperative learning tipe scramble. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori ?Aktif?, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi ?Sangat Aktif?. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam katagori ?Sedang?, kemudian pada siklus II meningkat menjadi ?Sangat Tinggi?. Kata kunci: cooperative learning tipe scramble, aktivitas, hasil belajar.} }